BlogiVan

Found Solutions & Inspirations With Me

Tips Mengirim SMS dan MMS Gratis untuk Ponsel Java

Posted by Ivan pada 4 Juli 2009


Jika Anda mengirim dan menerima pesan via ponsel sudah umum dilakukan. Lazimnya sebuah pesan SMS maksimalnya terdiri dari 140 byte. Ini berarti dalam sebuah pesan memuat 140 karakter 8-bit, 160 karakter 7-bit atau 70 karakter 16-bit untuk bahasa Jepang, Bahasa Mandarin dan Bahasa Korea yang memakai Hanzi (Aksara Kanji / Hanja). Sementara itu masih ada data-data lain juga yang termasuk kedalamnya. Selain itu ada juga beberapa metode metode untuk mengirim pesan yang lebih dari 140 bytes, tetapi seorang pengguna harus membayar lebih dari sekali.

Tetapi SMS hanya dapat memuat 160 karakter tanpa gamabar, suara, apalagi video. Oleh karena itu kelemahan inilah yang berusaha diatasi. Bersamaan dengan masuknya generasi 2,5G yang dikenal dengan GPRS, MMS pun masuk ke ranah seluler. Layanan ini diperkenalkan beberapa tahun lalu oleh Telenor di Norwegia dan ditransmisikan melalui jalur Internet via GPRS.

Di Indonesia, umumnnya tarif regular SMS dan MMS ialah Rp. 150 per SMS dan Rp. 1250 per 50 kb. Tarif yang lebih murah biasanya ditawarkan sebagai sarana promosi dan tarif berlaku untuk pengiriman ke sesama operator.

SMS dan MMS bisa gratis

Ada cara agar kedua tarif ini menjadi Rp 0 alias tanpa bayar, yakni menggunakan aplikasi Messmo. Messmo ini merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengirim pesan singkat melalui jalur GPRS/3G. Selain pesan singkat, sisipan audio, gambar dan video layaknya MMS juga dimungkinkan untuk dikirim.

Untuk mencobanya, silahkan masuk ke halaman http://messmo.mobi dan ini menggunakan browser di ponsel. Klik menu Download yang tersedia di layar lalu selesaikan proses pengunduhan dan instalasi messmoM2CLDC11WF.jar (166,74 KB). Jika sudah coba jalankan messmo dari menu aplikasi ponsel.

Ketika pertama kali menjalankan messmo, biasanya akan diminta untuk menyetujui lisensi penggunaan messmo. Pilih Accept dan proses akan dilanjutkan. Setelah itu ponsel akan meminta sebuah konfirmasi untuk mengakses internet.

Untuk selanjutnya, akan muncul layar “Testing your mobile Internet Connection”. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa messmo telah mendapatkan akses Internet. Berikutnya, messmo akan meminta akses untuk mengirim SMS ke server messmo.

Dalam langkah ini, messmo biasanya akan memvalidai nomor ponsel, dan berikan akses menjawab Yes untuk melanjutkan aktivasi. Aktivasi ini adalah aktivasi untuk memvalidasi nomor ponsel yang digunakan. SMS yang dikirimkan juga bukan SMS dengan tarif premium, melainkan SMS reguler dengan tarif standar.

Selanjutnya Anda akan dibawa ke layar utama yang menampilkan folder Inbox, Outbox, Send, Options, Help dan Disconnect. Layaknya fitur pesan standar di ponsel, Inbox berfungsi menampung semua pesan yang masuk dan Outbox berfungsi untuk menampung pesan yang telah terkirim. Menu Send berfungsi untuk membuat pesan baru. Pastikan orang yang akan Anda kirimi pesan juga terdaftar di messmo. Jika tidak, pesan akan dikirim melalui jalur SMS/MMS reguler yang menggunakan tarif normal.

Pada menu Options, ada empat setting yang bisa di atur. Di menu ini Anda dapat menentukan nama panggilan untuk Chat Groups, nada dering saat pesan baru diterima, dan dua InMail yang memungkinkan Anda untuk menerima e-mail di ponsel ataupun menyimpan teks yang diterima messmoTXT ke e-mail. Menu yang terakhir, Disconnect berfungsi untuk mengeluarkan Anda dari jaringan messmo.

Setting nada dering di atas bukanlah fitur pengaturan ringtone untuk setiap pesan baru. Melainkan berfungsi untuk mengaktifkan deringan miscall saat ada pesan baru yang Anda terima. Misalnya Anda mematikan aplikasi messmo, lalu ada salah seorang rekan Anda yang mengirimkan pesan ke Anda. Nah dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan panggilan miscall, yang menjadi tanda bahwa Anda menerima pesan baru. Fitur ini hanya berlaku jika messmo dalam kondisi tidak aktif.

Kirim Konten dari E-mail ke Ponsel
Selain diatas, Messmo juga dapat dimanfaatkan untuk mengirim konten multimedia dari e-mail ke ponsel. Untuk mengaktifkannya, lakukan langkah berikut:
1. Pilih Do, dan pilih Send Email.
2. Pilih Receive email.
3. Buat PIN email dengaan 4 hingga 6 karakter dan pilih Send.
4. Sekarang Anda sudah memiliki e-mail baru nomorponselanda@txt.messmo.com.

Setiap kali ada rekan Anda yang mengirimkan e-mail ke alamat tersebut, pesan akan dikirimkan ke Inbox pada ponsel.

Akses Penuh ke messmo
Di beberapa tipe ponsel, saat akan menjalankan aplikasi ataupun menambahkan konten dari memori ponsel, otomatis akan muncul pertanyaan konfirmasi yang mengganggu, atau bahkan diblokir sama sekali. Untuk menghilangkan gangguan ini, masuklah ke menu Applications dan sorot menu messmo. Jangan jalankan aplikasi ini, melainkan pilih menu Options atau More > Permissions. Pilih opsi Never Ask untuk Internet access atau Connectivity, Read User Data dan Write user Data.

Sumber: Ceklagi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: