BlogiVan

Found Solutions & Inspirations With Me

Tutorial Membuat Blog dengan WordPress 2

Posted by Ivan pada 26 Oktober 2009


Assalamualaikum wr.wb. 😀

Oke, setelah kita berhasil membuat blog dengan wordpress. Sekarang saya akan membantu mengenalkan tentang dashboard untuk administrasi (halaman administrator) yang nantinya akan selalu anda gunakan untuk mengelola blog anda. Setelah kita tadi cek email dan telah melakukan aktifasi, akan ada muncul berupa link yaitu “View your site” dan “Login“. (halaman Login bisa anda temukan pada link http://namabloganda.wordpress.com/wp-admin).

1. Oke, klik “Login“. Akan muncul halaman seperti gambar dibawah ini :

login

Isi username dan password dengan username dan password saat anda pertama kali melakukan pendaftaran blog anda.(Lihat Tutorial Membuat Blog dengan WordPress 1 pada point ke 2).

2. Jika anda telah berhasil Login, akan muncul halaman dashboard blog anda. Lihat gambar di bawah ini :

halaman-dashboard

Oke, dalam blog ini saya tidak akan membahas semua tentang fitur yang ada di dashaboard administrasi wordpress ini tapi saya kan langsung menuntun Anda yang ingin segera memulai nge blog. Untuk fitur lain, silahkan di-explore sendiri ya. Saya yakin Anda lebih jago, pinter dan kreatif dari saya. Oya saya menyarankan agar Anda membuka 2 tab bar dalam browser. Karena akan memudahkan Anda untuk melihat langsung perubahan dalam blog yang telah anda kelola.

Ayo mulai nge-blog:

1. Kebiasaan saya setiap memulai nge-blog adalah memilih template atau theme. Pilih template yang kira-kira anda suka dan para pembaca suka. Buat pembaca nyaman membaca di blog kita. Kita langsung bisa menuju ke sidebar bagian kiri dan klik Tampilan (anda juga bisa klik pada sisi sebelah kanan menu tersebut untuk membuka menu-menu yang tersembunyi).

2. Anda akan langsung masuk ke halaman Tema. Silahkan anda Browse Themes dengan menampilkan secara Random (acak), A-Z (semuanya), Populer (diurutkan dari yang terpopuler terlebih dahulu). Jika Anda sudah menemukan theme yang Anda sukai, sebaiknya klik Pratampil untuk memunculkan lightbox berupa tampilan blog anda apabila anda memilih theme ini. Jika anda kurang suka, anda bisa tutup lightbox tersebut di sebelah kiri atas. Apabila anda suka Aktifkan theme ini di sebelah kanan atas. Anda juga bisa melakukan pencarian theme dengan cara penyaringan dengan menggunakan Feature Filter. Fitur ini bisa menyaring theme yang Anda cari.

Dalam artikel ini saya mencoba untuk mencari theme dengan cara penyaringan. Klik Feature Filter dan pilih Three Columns kemudian Apply Filter. Pilih theme Andreas09. Hanya ingin mengingatkan saja bahwa tiap theme memungkinkan mempunyai karakterisitik yang berbeda misal ada theme yang bisa diganti header (bagian atas blog anda), ada yang hanya bisa diganti warna nya, dll. Untuk theme Andreas09 ini hanya bisa diganti warnanya. Jika anda ingin merubah warna theme ini, anda bisa masuk ke dalam submenu Opsi Warna yang ada di dalam menu Tampilan dan Simpan Pengaturan.

3. Sekarang refresh tampilan blog depan anda (bukan di dashboard) dan anda bisa lihat perubahan blog anda.

4. Setelah theme yang anda suka telah menghiasi blog anda, sekarang anda bisa memulai menulis artikel dalam blog anda. Sebelum menulis artikel sebaiknya Anda buat terlebih dahulu mandaftarkan kategori-kategori apa saja yang ada di blog Anda. Kategori ini berfungsi untuk mengelompokkan artikel-artikel yang nantinya akan anda buat.

5. Sekarang pilih menu Tulisan dan pilih submenu Kategori. Silahkan Anda buat kategori yang Anda inginkan dengan mengisi Nama Kategori, Induk Kategori (yang memungkinkan membuat subkategori dengan mengisikan Induk Kategorinya), Deskripsi singkat dari kategori yang anda buat. Kemudian klik Tambah Kategori. Sebagai contoh saya membuat kategori berupa Komputer.

6. Setelah anda buat kategori, anda bisa langsung membuat sebuah artikel dengan cara klik menu Tulisan dan klik Add New. Anda akan masuk ke dalam halaman untuk menambah artikel. Seperti di bawah ini :

tambahartikel

Penjelasan :

a. Untuk kolom paling atas adalah untuk menulis judul artikel Anda.

b. Kolom di dibawahnya adalah untuk menulis isi dari artikel Anda. Di atas kolom tersebut terdapat menu toolbar yang berguna untuk menyunting isi artikel yang anda buat.

toolbar

Penjelasan toolbar:

1. Untuk menyisipkan sebuah gambar (Anda bisa menyisipkan gambar dari komputer sendiri atapun dari url).

2. Untuk menyisipkan video (Anda bisa menyisipkan gambar dari komputer sendiri atapun dari url).

3. Untuk menyisipkan audio (Anda bisa menyisipkan gambar dari komputer sendiri atapun dari url).

4. Untuk menyisipkan media atau file lainnya (Anda bisa menyisipkan gambar dari komputer sendiri atapun dari url).

5.  Untuk menambah polling.

6. Untuk mempertebal (Bold) tulisan (Ctrl+B).

7. Untuk membuat miring (Italic) tulisan (Ctrl+I).

8. Untuk membuat tulisan bergaris.

9. Untuk menambah bullet.

10. Untuk menambah bullet number.

11. Untuk membuat blok kutipan.

12,13,14. Untuk membuat tulisan rata kiri, rata tengah dan rata kanan.

15. Untuk menyisipkan suatu link (ex:https://ivangp.wordpress.com),  untuk mengaktifkan tombol ini anda harus melakukan seleksi kata yang akan diberi link.

16. Untuk menghapus hyperlink, caranya sama dengan poin 15.

17. Untuk memotong artikel yang berguna untuk menampilkan highlight saja dari suatu artikel agar bisa dibaca pada halaman selanjutnya.

18. Untuk melakukan pengecekan spelling atau ejaan kosakata.

19. Untuk menampilkan secara Full screen layar untuk membuat artikel.

20. Untuk menampilkan dan menyembunyikan toolbar yang di baris kedua.

21. Untuk memilih format type paragraf.

22. Untuk memuat tulisan bergaris bawah (underline, Ctrl+U).

23. Untuk membuat paragraf  rata penuh.

24. Untuk memberikan warna pada text.

25. Untuk menyisipkan artikel text murni.

26. Untuk menyisipkan artikel dari Word.

27. Untuk menghilangkan pemformatan.

28. Untuk menyisipkan simbol.

29, 30. Untuk mengurangi tab dan untuk menambat tab.

31. Undo (Ctrl+Z).

32. Redo (Ctrl+Y).

33. Untuk bantuan.

34. Konsep WYSIWYG (What-You-See-Is-What-You-Get) artinya apa yang anda tulis dan anda format disini akan tampil sama dengan di blog Anda.

35. Bagi yang familiar dengan kode atau tag HTML bisa melakukan editing artikel tab HTML ini.

c. Untuk mengisi kutipan.

d. Kirim Lacak balik.

e. Untuk diskusi (bisa reply untuk masing-masing komentator).

f. Jumlah komentar.

g. Waktu setiap penyimpanan revisi artikel kita akan tercatat disini.

h. Anda bisa menyimpan artikel ini sebagai konsep dan langsung di terbitkan (ada di sebelah kanan).

i. Tag tulisan berfungsi sebagai jalan pintas agar menunjukkan agar bisa langsung menunjuk artikel anda dan berguna untuk pencarian.

j. Jangan lupa kelompokkan artikel anda dengan melakukan ceklis atau centang di kategori yang telah Anda tambahkan di poin 5 di sebelah kanan bawah.

k. Tekan tombol Terbitkan. Dan lihat hasil artikel anda di blog Anda.

7.  Setelah lihat di hasil blog, lihat kanan atas. Terdapat 2 menu (Home atau Beranda dan About) di bawah header. Anda bisa ubah isi dari About dengan cara klik menu Halaman trus klik Sunting. Silahkan hover (tempatkan poiter mouse Anda diatas judul artikel yang akan anda ubah, segera akan muncul di bawah judul beberapa pilihan untuk sunting, sunting cepat, hapus dan lihat).

8. Apabila anda ingin menambah menu di pada blog Anda, silahkan klik tombol Tambahkan Baru.

Oke, sekarang Anda semua telah berhasil membuat artikel dan menambah menu dalam blog. Untuk sementara sampai disini dulu tutorialnya. Di tulisan berikutnya saya akan berbagi pengetahuan tentang manajemen content dalam blog dan menggunakan berbagai widget untuk mempercantik tampilan blog kita.

Jika Anda ingin mempelajari di rumah telah saya sediakan ebook nya. Anda dapat Download disini.

Kalau berkenan, mohon berikan rate artikel ini di bawah judul di atas ya ^_^..makacih.

Wassalamualaikum wr.wb. 😀

3 Tanggapan to “Tutorial Membuat Blog dengan WordPress 2”

  1. […] Tutorial Membuat Blog dengan WordPress 2 […]

  2. wah sip om tutorialnya, kalo mau bikin blog yang ada google adsensenya ke ane aje, ane buatin, siap pake

  3. ryankharisma88 said

    Infonya bermanfaat, terima kasih. Salam persahabatan…
    (By: http://ryankharisma88.wordpress.com)

Tinggalkan komentar